nadhifia Mahasiswa Gizi yang suka memasak dan menggambar skesta gambar

Makanan Khas Daerah Bali

2 min read

Makanan Khas Daerah bali memiliki banyak macam yang memiliki kelezatan dengan penggemar cukup banyak. Bagi wisatawan lokal maupun asing tentunya ketika berkunjung di pulau Bali untuk berlibur akan menikmati makanan-makanan khas daerah Bali.

Bagi kalian yang sedang merencanakan untuk berlibur ke Bali baiknya terlebih dahulu menggali informasi makanan khas daerah Bali yang mungkin membuat kalian penasaran untuk mecicipi.

Siapkan uang saku anda untuk berlibur dengan merencanakan biaya penginapan dan tentu biaya menikmati kuliner/makanan khas daerah Bali.

Banyak sekali sebenarnya kekayaan makanan khas dari pulau dewata ini. Namun dibawah ini akan di informasikan kepada kalian 4 Makanan Khas Daerah Bali yang membuat penasaran para wisatawan asing maupun lokal.

4 Makanan Khas Daerah Bali yang Paling Terkenal Enak

1. Sate Lilit Bali

Sate lilit bali

Sate Lilit bagi pulau Bali menjadi makanan yang paling mencirikan karena cukup terkenal sebagai kuliner khas bali dari segi cara membuat yang berbeda denga sate-sate lain yang ada di Indonesia.

Perbedaan dari cara melilitkan olahan daging pada tusuk sate sedangkan sate-sate yang lain dengan cara  menusukan potongan daging.

Selain itu penggunaan bumbu pade sate lilit dicampurkan sebelum daging dibakar berbeda dengan biasanya yang dicampurkan menggunakan bumbu kacang.

Bahan utama menggunakan daging ikan tuna atu daging ayam yang dihaluskan dengan cara menggiling lalu dieberikan bumbu daun jeruk, bawang merah dan bawang putih.

Olahan daging yang sudah digiling dan dicampurkan bumbu dililitkan kemudian dibakar hingga matang dengan aroma  manis dan pedas.

Bagi kalian yang ingin memakan sate lilit di pulau bali datang saja warung nasi ayam bu Oki yang beralamat di jalan. Raya Nusa Dua Selatam Nomor 27, Keluarahan Benoa, Kecmatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Harga sate lilit yang di tawarkan dimulai dari harga Rp. 15.000 an tergantung jumlah pemesanan.

2. Rujak Buleleng Bali

rujak buleleng bali

Makanan khas Daerh Bali Rujak buleleng bali ini sangat cocok dinikmati pada saat cuaca panas sing hari karena memiliki rasa yang pedas dan segar.

Komposisi buah-buahan yang di potong kecil dengan dicampur bumbu istimewa rujak yang merata menjadikan rujak ini memiliki cita rasa yang memanjakan lidah.

Bumbu sambal yang rujak ini tercampur berbeda dengan buah sedangkan rujak-rujak lain biasanya bumbu sambal dimakan dengan cara cocol buah ke dalam bumbu.

Bahan bumbu membuat rujak buleleng bali berasal dari buah-buahan, cuka, gula aren khas buleleng, terasi, garam, cabe rawit dan pisang batu.

Tambahan buah pisang batu bertujuan untuk memberikan rasa sepat pada bumbu setelah di uleg. Buah-buahan yang biasanya dipakai umumnya menggunakan bengkoang, kedondong, mangga, nanas, ubi merah dan timun.

Bagi kalian yang akan berwisata ke pulau Bali dan ingin menikmati rujak buleleng bali bisa datang saja ke Warung Rujak Buleleng  dengan alamat Jl. Nangka Selatan, Denpasar Telp : 085339131888.
Harga satu porsi dimualai  dengan harga Rp. 7.000.

3. Nasi Ayam Kedewatan Bali

nasi ayam kedawetan

Makanan Khas Daerah Bali dari daerah ubud ini terdiri dari  nasi, kacang goreng, daging ayam, jeroang, sate, telur serta kacang panjang.

Kemudian untuk menyajikan rasa pedas didampingi sambal matah yang terbuat  cabai kecil-kecil, bawang dan garam.

Para wisatawan biasanya menikamti nasi ayam kedewatan untuk menu sarapan dan makan siang dengan harga di mulai dari Rp. 10.000 an cukup terjangkau.

Tempat warung nasi ayam kedewatan yang terkenal beralamat di jalan Raya Kedawetan Nomor 18, Desa Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Provinsi Bali Kodepos 80572.

4. Nasi Sela Bali

nasi sela

Nasi Sela menjadi makanan khas Bali yang selanjutnya memiliki ciri khas penggunaan ubi serta campuran lauk sayur bejek, urab sayur, udang kecil, sayur bejek (bumbu kalas), kacang(panjang & tanah) , daging ayam betutu (suwiran), pindang tongkol, sate kulit ayam, sambal matah, dan sambal teri.

Ubi dalam bahasa Bali biasa disebut dengan sela sehingga nama sela ini disenatkan pada jenis makanan khas daerah Bali ini.

Warung yang cukup terkenal menjual makan khas daerah bali ini yaitu Warung Mek Luh beralamat di jalan Raya Anggunan Nomor 11, Desa Mengwi, Badung (depan RSUD Karangasem).

Harga nasi sela dimulai dari harga Rp. 5000 untuk nasi belum tambahan lauk.

Demikian ulasan makanan khas daerah Bali semoga menambah wawasan kalian , jangan lupa like dan komentar di bawah 🙂

nadhifia Mahasiswa Gizi yang suka memasak dan menggambar skesta gambar

Makanan Khas Situbondo

nadhifia
3 min read

Makanan Khas Cilacap

nadhifia
1 min read

Makanan Khas Daerah Batak

nadhifia
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *